Minggu, 01 Januari 2012

Teknik Lingkungan Mendapat Akreditasi A


Pada penghujung tahun 2011 ini, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia mendapat mendapat kabar yang menyenangkan. Salah satu Program Studi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan yakni Program Studi Teknik Lingkungan jenjang strata-1 layak mendapatkan akreditas “A”. Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Republik Indonesia melalui surat keputusan bernomor 034/BAN-PT/Ak-XIV/S1/X/2011 mengumumkan hal tersebut.

Akreditasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan berdasarkan criteria yang bersifat terbuka. Akreditasi di sini juga dapat menggambarkan mutu pendidikan yang dimiliki sebuah lembaga pendidikan dalam program kerjanya. Hal ini yang baru di alami oleh salah satu program studi fakultas teknik sipil dan perencanaan universitas islam Indonesia. Program studi yang berhasil kali ini adalah Program Studi Teknik Lingkungan.

Bulan sebelumnya, Badan Akreditas Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT) melalui tim asesor yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Soeprijanto, M.Sc., (Institut Teknologi Surabaya) dan Dr. Ir. Tri Padmi (Institut Teknologi Bandung) melakukan visitasi atau penilaian lapangan (field assessment) terhadap Program Studi Teknik Lingkungan UII. Penilaian terhadap salah satu Program Studi di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII ini dilaksanakan dalam rangka akreditasi tahap XI bagi program studi program sarjana pada tahun 2011.

Saat ini Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII memiliki tiga program studi strata-1 yaitu Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Arsitektur, dan Program Studi Teknik LIngkungan, serta Program Magister Teknik Sipil. Semua program studi di lingkungan FTSP UII telah terakreditasi berdasarkan Sistem Akreditasi Perguruan TInggi  yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). program studi Teknik Sipil dan Arsitektur telah terakreditasi A.

Sebelumnya, Program Studi Teknik Lingkungan mendapat peringkat B dengan keputusan BAN-PT No.: 002/BAN-PT/Ak-IX/S1/X/2005. Dan pada tahun 2011 ini, Program Studi Teknik Lingkungan memperoleh kenaikan peringkat menjadi A.

Pada hari pertama visitasi, program Studi Teknik Lingkungan menghadirkan alumni dan user (pengguna lulusan) untuk ikut berdiskusi mengenai perkembangan dan masukannya bagi prodi. Diskusi tersebut diharap bisa menjadi nilai tambah bagi prodi. Visitasi hari pertama ditutp dengan diskusi dengan kepala divisi yang berada di bawah FTSP, dan kunjungan ke pengajaran, bagian umum, ruang kuliah, pameran produk lingkungan, laboratorium serta perpustakaan. Dr. Ir. Tri Padmi melihat Prodi sudah cukup bagus terlebih sudah mendapatkan ISO dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk Laboratorium Kualitas Lingkungan, dan tentunya telah pernah mendapatkan akreditas B.
Menurut Ketua Program Studi Teknik Lingkungan FTSP UII Luqman Hakim, ST., M.Si dari tahun 2010 hingga 2011 Program Studi Teknik Lingkungan telah mengalami kemajuan yang cukup luar biasa. Hal ini ditandai dengan mendapatakan sertifikasi ISO dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk laboratorium kualitas lingkungan. Dan pada tahun 2011 ini, prestasi yang luar biasa bagi program studi teknik lingkungan ini yakni mendapatkannya akreditas A.

Dengan meningkatnya akreditasi yang dimiliki Program Studi Teknik Lingkungan UII ini menandakan bahwa mutu pendidikan yang dimiliki telah meningkat. Ini merupakan suatu keberhasilan yang patut dibanggakan. Apalagi UII merupakan universitas tertua yang ada di Indonesia. Dengan akreditas ini dapat menjadi sebuah ukuran kesiapan dari fakultas untuk menjalankan kurikulum maupun program pendidikan yang layak ke depannya. Proses pendidikan yang baik telah menjadi sebuah keharusan dengan akreditas tertinggi ini. Dan diharapkan menjadi acuan bagi mahasiswanya untuk dapat menjaga akreditas serta menjadi semangat bagi para lulusan Program Studi Teknik Lingkungan dalam mengaplikasikan ilmu yang di dapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar